Jumat, 12 April 2013



UPAYA  MENINGKATKAN PENGUASAAN  KONSEP  SISTEM HUKUM DAN  PERADILAN INTERNASIONAL MELAUI STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI EVERY ONE IS A TEACHER HERE DALAM PROSES  PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA
KELAS XI IPA 1 SMA WARGA SURAKARTA
TAHUN AJARAN 2013/2014


Usulan Penelitian Untuk Memenuhi Sebagian Tugas Dalam Menempuh
Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan



 











Diajukan Oleh:

SETIYASIH
A 220100051



 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

2013
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan tingkah laku baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tidak terlepas dari diri siswa sedangkan faktor eksternal diantaranya guru dengan segala strateginya. Guru dalam mengemban tugas menjadi kunci utama dalam pembelajaran, oleh karena itu guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam pembelajarannya, mencakup penemuan dan pemanfaatan media, pengelolaan kelas, dan mengatur strategi pembelajaran dengan baik, sehingga keberhasilan proses pembelajaran dapat tercermin dalam diri siswa.
Tercapainya kualitas pendidikan yang baik dapat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran di kelas. Perwujudan pembelajaran yang baik dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kebanyakan dalam proses pembelajaran guru memegang peran yang dominan, sehingga guru berfungsi sebagai sumber belajar dan pemegang otoritas tertinggi keilmuan (teacher centered). Pandangan semacam ini perlu diubah, guru hendaknya menerapkan variasi strategi pembelajaran agar penguasaan konsep materi dalam pembelajaran Pkn para siswa dapat meningkat 
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang dipelajari semua tingkatan, baik sekolah dasar maupun menengah. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sering kali diabaikan oleh para siswa karena dianggap mata pelajaran tersebut tidak masuk dalam ujian nasional. Siswa juga sering berpendapat bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sering kali harus menghafalkan materi dan cakupan materinya terlalu banyak. Pelaksanaan pembelajaran di kelas pasti terdapat permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru. Sistem hukum dan peradilan internasional merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran PKn kelas X1 IPA I semester genap. Penguasaan konsep siswa kelas X.1 IPA 1 SMA Warga Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 sangat kurang. Jumlah siswa dalam satu kelas adalah 30 siswa. Dari jumlah siswa tersebut hanya 12 siswa saja yang lulus Kriteria Kentutasan Minimal (KKM) dalam mengikuti ulangan harian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 72. Melihat keadaan tersebut tentunya menjadi suatu permasalahan yang harus segera diselesaikan. Saat pelajaran di kelas diharapkan semua siswa dapat menguasai materi sehingga proses belajar mengajar dapat optimal.
Mengatasi masalah tersebut guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan pada sekolah tersebut sudah menerapkan berbagai solusi yaitu dengan menggunakan atau menerapkan metode ceramah konvensional dan mcard shot untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa, dari memberikan ulangan pada setiap kompetensi dasar (KD), pada waktu ulangan apabila ada siswa yang mendapatkan nilai jelek maka akan disuruh untuk mengerjakan soal yang sama beserta jawabannya sebanyak tujuh kali dan remidi lagi dengan soal yang sama, serta guru mengadakan ujian lisan.
Beberapa masalah yang berkaitan dengan upaya meningkatan penguasaan konsep system hukum dan peradilan internasional antara lain: kondisi siswa, lingkungan sekolah, suasana di dalam kelas, cara mengajar guru, sarana dan prasarana yang memadai, strategi yang digunakan oleh guru, serta masih banyak lagi masalah-masalah yang berkaitan dengan upaya meningkatkan penguasaan konsep  system hukum dan peradilan internasional . Berdasarkan latar belakang di atas, maka dipandang cukup penting untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tentang “Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Hukum Dan Peradilan Internasional melalui Strategi Index Card Match Kolaborasi Everyone Is A Teacher Here dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas X.I IPA I SMA Warga Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014”.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan suatu permasalahan sebagai berikut “Apakah strategi index card match kolaborasi everyone is a teacher here dapat meningkatkan penguasaan konsep system hokum dan peradilan internasional dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas X.I IPA 1 SMA Warga Surakarta tahun ajaran 2013//2014”

C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut :
1.      Tujuan Umum :
a.       Meningkatkan perhatian pada siswa.
b.      Meningkatkan keaktifan pada siswa.
c.       Meningkatkan motivasi belajar pada siswa.
d.      Meningkatkan tercapainya criteria ketuntasan minimum (KKM) pada siswa.
e.       Meningkatkan prestasi belajar pada siswa.
f.       Meningkatkan minat belajar pada siswa.
g.      Meningkatkan kerja sama positif pada siswa.
2.      Tujuan Khusus :
Untuk meningkatkan penguasaan konsep sistem hukum dan peradilan internasional dalam pembelajaran Pkn melalui penerapan  strategi index card match kolaborasi everyone is a teacher here pada siswa kelas X.I IPA I SMA Warga Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

D.    Manfaat atau Kegunaan Penelitian
1.      Manfaat Atau Kegunaan Teoritis :
a.       Untuk mendapatkan teori baru tentang upaya meningkatkan penguasaan konsep sistem hokum dan peradilan internasional pada siswa melaui penerapan strategi index card match kolaborasi everyone is a teacher here.
b.      Sebagai dasar untuk kegiatan penelitian selanjutnya yang sejenis.
2.      Manfaat Atau Kegunaan Praktis :
a.       Manfaat bagi siswa :
1)      Untuk meningkatkan perhatian siswa dalam menerima materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
2)      Untuk mengembangkan kreativitas siswa.
3)      Untuk meningkatkan prestasi siswa secara optimal.
4)      Untuk meningkatkan hasil belajar sesuai dengan KKM.
b.      Manfaat bagi guru :
1)      Meningkatkan keprofessionalan guru saat mengajar.
2)      Meningkatkan wawasan guru terhadap materi ajar Pkn.
3)      Untuk mengembangkan keterampilan guru dalam mengajar.
4)      Mendapatkan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan partisipasi siswa.
5)      Untuk mengadakan feed back materi pelajaran.
c.       Manfaat bagi sekolah :
1)      Meningkatkan mutu sekolah.
2)      Memberikan input yang bermanfaat untuk bahan pertimbangan dalam melaksanakan program kegiatan belajar bagi siswa dimasa yang akan dating.








BAB II
LANDASAN TEORI

A.    Kajuan Teori

B.     Kajian Penelitian Yang Relevan

C.    Kerangka Pemikiran

D.    Hipotesis Tindakan
“Diduga melalui penerapan strategi index card match kolaborasi everyone is a teacher here mampu meningkatkan penguasaan konsep system hokum dan peradilan internasional dalam proses pembelajaran Pkn pada siswa kelas X.I IPA I SMA Warga Surakarta tahun ajaran 2013/2014”









BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Setting Penelitian

B.     Subjek Penelitian

C.    Prosedur Penelitian

D.    Jenis dan Sumber Data

E.     Pengumpulan, Validitas, dan Analisis Data

F.     Instrumen Penelitian

G.    Indikator Kinerja
Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah peningkatan penguasaan konsep sistem hukum dan peradilan internasional siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pencapaian yang diharapkan melalui penerapan index card match kolaborasi everyone is a teacher here dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa XI. IPA 1 SMA Warga Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 ini dapat meningkatkan penguasaan konsep sistem hukum dan peradilan internasional pada siswa minimal 80%  dari 30 peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar